Tulisan Bergerak

Selamat Datang. Selamat Mengunjungi halaman blog saya. Semoga anda menyukainya dan menemukan apa yang engkau cari. Terima Kasih. Barakallah.

Minggu, 14 Juni 2015

Soal Penelitian Mata Kuliah Geografi Sejarah



Persiapan UAS Geografi Sejarah
SOAL PENELITIAN

1.        Jelaskan faktor geografis kerajaan Tarumanegara yang mempengaruhi perkembangan peradaban dari kerajaan tersebut ?
Jawab :
Letak Geografis Kerajaan Tarumanegara berada di tepian sungai, namun dalam hal ini telah beberapa kali mengalami pemindahan pusat kota kerajaan yang diantaranya ialah sebagai berikut :
-          Terletak di tepian Sungai Gomati/Citarum pada masa pemerintahan Jaya Singawarman tahun 358 M,
-          Terletak di tepian Sungai Candrabaga/Cisadane pada masa pemerintahan Dharmayawarman tahun 382-395 M,
-          Terletak lebih dekat pantai pada masa pemerintahan Purnawarman tahun 395-434 M, namun pada tahun 397 M dibangun kerajaan baru yang diberi nama Sundapura.

2.        Jelaskan kehidupan sosial masyarakat Tarumanegara pada masa pemerintahan raja Purnawarman ?
Jawab :
Berdasarkan Prasasti Tugu, kehidupan sosial masyarakat Tarumanegara menerapkan sistem gotong royong, hal ini dibuktikan dengan penggalian Sungai Gomati sepanjang 6112 mata tombak (11 km), dimana sungai tersebut digunakan untuk sarana pengairan dan pencegah banjir. Ini menandakan kesejahteraan masyarakat yang teratur dan kestabilan dalam masyarakat.

3.        Jelaskan faktor geografis yang ikut menentukan perkembangan Kerajaan Sriwijaya ?
Jawab :
     Berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit, letak geografis Kerajaan Sriwijaya berada di tepian antara 2 muara sungai, yaitu pertemuan antara Sungai Kampar Kiri dan Sungai Kampar Kanan tepatnya di daerah sekitar Jambi.
     Lalu ada kesimpulan lain juga mengatakan bahwa letak geografis Kerajaan Sriwijaya berada di Palembang, hal ini diperkuat oleh temuan beberapa benda-benda peninggalan misalnya Prasasti, Keramik-keramik dari China, dll. Dalam hal ini, Sungai Musi menjadi tempat pusat kota kerajaan karena Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan Maritim yang kuat di sektor laut.

4.        Jelaskan faktor geografis dan politis penyebab runtuhnya Kerajaan Sriwijaya ?
Jawab :
Faktor Geografis :
-          Sungai Musi yang strategis tidak bisa dilalui lagi oleh kapal-kapal Sriwijaya karena terjadi pendangkalan sungai sehingga berubah menjadi rawa-rawa yang menyebabkan kapal-kapal tidak bisa melewati jalur sungai tersebut.
Faktor politis :
-          Adanya serangan dari kerajaan Cholamandala, India.
-          Adanya ekspedisi Pamalayu dari kerajaan Singasari.
-          Adanya infasi dari kerajaan Majapahit.
-          Banyak daerah kecil/jajahan yang melepaskan diri dari kekuasaan kerajaan Sriwijaya dan membentuk daerah baru.



5.        Jelaskan keadaan alam yang mempengaruhi perkembangan kerajaan Majapahit ?
Jawab :
     Kerajaan Majapahit terletak di daerah lembah sungai yang luas, yaitu Sungai Bengawan Solo dan Sungai Brantas serta anak sungai yang lainnya.
Jadi dari lembah sungai tersebut membentuk dataran rendah yang cocok untuk lahan pertanian/bercocok tanam, sehingga Kerajaan Majapahit disebut kerajaan agraris.
Dari pertanian tersebut dihasilkan komoditi beras dan rempah-rempah yang nantinya akan diperdagangkan di Pelabuhan kerajaan Majapahit.

6.        Jelaskan kehidupan ekonomi dari kerajaan Sriwijaya dan Majapahit ?
Jawab :
-          Kehidupan ekonomi kerajaan Sriwijaya ialah perdagangan, sebab kerajaan Sriwijaya terletak di jalur perdagangan laut atas kekuasaannya di Selat Malaka, jadi setiap kapal-kapal dagang yang melewati dan singgah di daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya dikenakan pajak bea cukai sebagai penghasilan devisa negara.
-          Kehidupan ekonomi kerajaan Majapahit ialah pertanian dan perdagangan. Pertanian meliputi komoditi beras dan rempah-rempah dari hasil bercocok tanam karena wilayah Majapahit yang subur terletak di dataran rendah dari Lembah Sungai Brantas dan Bengawan Solo. Lalu hasil pertanian ini diperdagangkan. Perdagangan kerajaan Majapahit dilakukan di Pelabuhan-pelabuhan, dimana pelabuhan tersebut berfungsi untuk mendistribusikan hasil pertanian tersebut ke daerah-daerah lain.

7.        Klasifikasikan peninggalan dari peradaban kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, buat dalam bentuk tabel ?
Jawab :
No.
Peninggalan
Kerajaan Sriwijaya
Peninggalan
Kerajaan Majapahit
1
Prasasti Kedukan Bukit
Candi Tikus
2
Prasasti Telaga Batu
Candi Bajang Ratu
3
Prasasti Talang Tuo
Candi Brahu
4
Prasasti Palas Pasemah
Candi Kedaton
5
Prasasti Kota Kapur
Candi Penataran
6
Prasasti Karang Berahi
Gapura
7
Prasasti Ligor
Kolam Segaran
8
Candi Muara Takus
Makam Troloyo di Trowulan

8.        Jelaskan sebab dari keruntuhan kerajaan Majapahit ditinjau dari faktor geografis dan politisnya ?
Jawab :
Faktor Geografis :
-          Adanya erupsi Gunung Merapi sehingga menyebabkan kerusakan akibat semburan lava dan abu vulkanik.
Faktor Politis :
-          Tidak ada pengganti raja yang cakap melanjutkan pemerintahan kerajaan seperti Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada.
-          Terjadi keributan antara keturunan keluarga raja untuk berebut kekuasaan sehingga terjadi perang saudara seperta Perang Paregreg.
-          Ekspansi Kerajaan Demak yang muncul pengaruh Islam.
-          Daerah kecil Majapahit memisahkan diri menjadi daerah Islam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERBARU

Sejarah SUBKOSS menjadi KODAM II/Sriwijaya

 

POSTINGAN POPULER